Jumat, 07 Mei 2010

catatan sekejap perjalanan bag 3

Perjalanan ke Jogjakarta tak hanya sampai di Taman Air. Selanjutnya, kami beranjak ke tempat yang tidak jauh dari istana air, yaitu Keraton Jogjakarta.
KERATON JOGJA : untuk masuk ke sini, dikenakan harga tiket masuknya hanya Rp5.000,00 per orang(iya kan, Lis?lupa gw..hehe..) sebenarnya sih..disediakan guide juga...tapi, duh..lamaaaaaa banget jelasinnya...makanya kami memilih memisahkan diri dari rombongan+guide itu. Keraton tuh luasnya ampun dehhh..kami gak sempat melihat semua isinya. Yang jelas, isinya tyang ettang sejarah banyak banget, terutama tentang Sri Sultan Hamengkubuwono dari masa ke masa (kan banyak tuh silsilahnya...) pokonya dari baju, foto, tanda jasa, sendok + garpu, bahkan mainan Sultan waktu kecil juga ada. Top deh!
Ini beberapa hasil jepretan kami selama di Keraton, taraaaa...!!









Ini tiket masuknya...ditambah tiket yang menunjukkan bahwa kita diizinkan untuk membawa kamera..
Nah,ini foto kereta yang ada di keraton + seperangkat gamelan yang ada di sana...

Setelah berkeliling keraton, kami naik becak menuju tempat makanan enak...apakah itu???tebak-tebakan dulu, oleh-oleh makanan ringan apa yang terkenal di Jogja? yup benar, bakpia pathok... lanjuuuut...
 

PABRIK BAKPIA PATHOK 25: ternyata makan bakpia yang masih anget tuh jauuuuuuuhhh (beneran lho, Bun!hehe...kami ditawarin mencoba bakpia rasa keju 'n kacang ijo!hehe... di pabrik ini, bisa melihat langsung cara buat bakpia, ‘n  yang paling penting, ditawarin gratisan nyoba (*senyum licik..haha..). Selain bakpia, di sini juga dijual berbagai macam oleh-oleh khas Jogja yang berupa makanan. Oia, sekadar info nih....Harga Bakpia 25 rasa Kacang Hijau isi 20 = Rp20.000,00. Bakpia 25 rasa Coklat/Keju isi 20 = Rp22.000,00. Enaaaaaaaakkkkkkk!!!!!
Selanjutnya,  Bapak becaknya (maksudnya bapak penarik becak...) juga sempat mengantarkan kami ke tempat lukisan, tempat kaos dagadu, tempat baju batik, ’n terakhir tempat makan!hehe... jalan-jalan belum lengkap tanpa wisata kuliner.. (setujuuuuuuuu...!!!) tempat makan ini kecil sih 'n letaknya di pinggir jalan.. tapi, enak banget suasana di dalamnya.. nyaman banget deh..harga makanannya juga gak terlalu mahal (apa mahal ya?haha..) sekitar 10-15ribu lah...Lumayan, makan dengan lau gudeg, tempe, krecek, dll..(sluurrppp...)


Terakhir, bapak becak mengantarkan kami ke halte transjogja di jalan K.H.A. Dahlan. Kami akan ke terminal Jogja + naik angkutan umum yang akan membawa kami ke Parangtritis.....perjalanan ini masih berlanjut. Akan disambung lagi minggu depan, eh nggak deh...pokoknya tunggu di postingan selanjutnya... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar