Selasa, 07 Mei 2013

Menepi Ke Sate Maranggi



           Beberapa waktu lalu, saya makan di Sate Maranggi Cibungur yang terletak di Purwakarta. Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya saya makan di sana. Sebelumnya sudah pernah, tetapi seingat saya, itu sudah lama sekali, mungkin saat saya masih di SMP. Yang tersisa dari ingatan saya, tempat ini begitu ramai dan kami minum es kelapa. Seingat saya pula, dulu saya pergi ke sana dengan keluarga besar saya. Nah, yang kemarin ini juga sama. Kami, saya dan keluarga besar saya, pergi ke sana hanya untuk makan. Keluarga saya memang suka seperti itu, pergi ke tempat yang cukupjauh hanya untuk makan :D. Bisa dibilang, keluarga saya, dan ehem, saya sendiri, memang pencinta kuliner :D.


    

menu lainnya
   Ketika saya makan di Sate Maranggi kemarin ini, saya lebih memperhatikan tempatnya. Sama seperti dulu,  tempat ini masih ramai. Bahkan, sangat ramai. Karena keluarga saya yang cukup banyak (sekitar 25 orang yang ikut), agak sulit mencari kursi dan meja yang kosong. Akhirnya, kami bisa duduk di dua meja yang terpisah. Menu yang dipesan: sate daging, sate ayam, sate kambing, sop daging, karedok, dan ayam bakar. Karena memang yang terkenal di sini adalah satenya, yang dipesan paling banyak tentu menu sate :D. Untuk minumnya, semua pengunjung sudah langsung mendapatkan teh tawar hangat begitu duduk di kursi. Namun, minuman pesanan kami ternyata masih sama seperti dulu, es kelapa muda.

     
Ramainyaaa...

      Sayang sekali, saya tidak memotret pemandangan satenya. Sepertinya saat itu saya sudah lapar berat sampai tidak sempat memotret :P. Tetapi, beberapa foto di sini mungkin dapat menjelaskan situasi di Sate Maranggi ini. Selain makanan seperti yang saya jelaskan di atas. Ada menu lain seperti ikan bakar, dan berbagai jenis sop. Selain itu, juga ada gorengan-gorengan seperti pisang goreng dan combro.
Sambalnya
Ikan Bakar

         Oh iya, kalau ternyata makanan yang dipesan masih tersisa, pengunjung juga bisa minta untuk dibungkus kok. Tapi jangan harap meminta pelayan untuk mengambilnya dari meja kita ya, semua pelayan di sana sibuk dengan tugas mereka masing-masing :D. Jadi kalau mau bungkus, kita bisa langsung membawa makanannya ke tempat khusus untuk bungkus dan dibawa pulang, tempat yang sama juga untuk membawa makanan yang dipesan untuk dibawa pulang.
Bungkus untuk bawa pulang

           
 Tempat ini sepertinya ditata sebagai salah satu tempat wisata karena letaknya yang dekat dengan tol Cikampek. Selain makanan, ada toko yang menjual beberapa cindera mata seperti celengan, pajangan, mainan anak-anak, dan benda-benda lain yang bisa dijadikan oleh-oleh.  Untuk ukuran tempat makan, menurut saya, tempat ini lumayan komplet, baik dari segi menu maupun fasilitas. Hanya saja, mungkin akan lebih lengang kalo  kita ke sana tidak pada hari libur, biar lebih nikmat makannya.. :D. Mungkin karena memang sudah terkenal ya, makanya pengunjungnya juga banyak. Kalau mau tau apa yang mantap dari sate ini, menurut saya, selain memang daging satenya yang empuk dan enak, sambalnya juga mantap. Sambal tomat+cabe+kecap ini rasanya maknyus banget. Nah, tertarik mencobanya? ;)
berbagai macam cinderamata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar