Minggu, 17 April 2011

Pengemudi "Pengganggu"

Masih berhubungan dengan postingan sebelumnya, kali ini saya ingin menulis tentang pengemudi yang "mengganggu". Tidak hanya mengganggu "dunia" saya ketika di atas motor, tetapi juga mengganggu konsentrasi penuh saya dalam berkendaraan. Beberapa pengemudi ini biasanya membuat saya menatap tajam dari balik helm, atau minimal mengubah ekspresi wajah saya yang kalau dalam dunia sms atau chat sering digambarkan dengan icon seperti ini --> -___- 

Beberapa pengemudi yang menurut saya "mengganggu" :
  • Orang yang mengendarai motor sambil merokok.
Ini sangat mengganggu saya. Tidak hanya dari asapnya, tetapi juga dari kewaspadaannya. Beberapa kali saya mengalami hampir tertabrak atau ditabrak oleh pengemudi model seperti ini.
  • Orang yang mengklakson ketika lampu masih merah dengan klakson panjang dan berkali-kali. 
Pengemudi model seperti ini benar-benar mengganggu bagi saya. Saking kesalnya, kalau pengemudi itu tepat berada di belakang saya, saya akan langsung menoleh dan melancarkan tatapan tajam (halah! padahal tuh orang juga nggak takut, hahaha..). Kadang-kadang bahkan saya sengaja berjalan lebih lambat ketika lampu sudah hijau :D.
  •  Orang yang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di lingkungan becek atau banjir. 
Sudah pasti lah yaa ini bagi saya mengganggu. Apalagi kalau berdampingan dengan pengemudi seperti ini ketika berangkat ke kantor. Merusak kostum! :D
  • Orang yang sering menderum-derumkan suara mesin kendaraannya. 
Ya ampuun, saya suka ingin bilang sama pengemudi model seperti ini kalau itu benar-benar berisik. Sebenarnya, saya juga kurang tahu sih. Ini bergantung sama pengemudi atau kendaraannya? Tapi yang selama ini sering saya temui ya memang karena pengendaranya. Tahu sendiri kan keadaan jalan zaman sekarang (kayak tahu zaman dulunya aja :p), macet-padet-mepet. Sudah terlalu banyak kendaraan dan menimbulkan suara luar biasa bising. Kalau ditambah sama orang yang suka menderum-derumkan suara mesin untuk menunjukkan kekesalannya? hadeeh. Menurut saya, klakson juga cukup kok untuk "meminta jalan".
  • Kendaraan yang asap knalpotnya "nembak" ke muka pengemudi di belakangnya.
Kalau masalah ini memang berada di kendaraan, bukan pengemudi ya. Tapi kan tetap saja pengemudi yang mengatur knalpot kendaraan mereka. Walaupun saya tidak tahu juga ya kalau memang itu setting-an dari pabriknya :D.  Akhir-akhir ini saya sering mengalaminya. Entah karena baru menyadari, atau memang semakin banyak kendaraan model seperti ini. Awalnya, saya hanya bertanya-tanya. Ini angin dari mana ya, kok adanya di bagian wajah saja (kadang-kadang juga sampai ke telinga). Ketika "angin tak jelas asalnya" itu lenyap setelah saya melewati kendaraan tersebut. Baru saya menyadari asal-muasalnya :D. Oh iya, ada juga tipe kendaraan yang yang cipratan dari ban belakangnya bisa sampai ke wajah pengemudi di belakangnya. Dan ini bagi saya sama "mengganggunya".
  •  Orang yang mengemudi kendaraan dengan tipe kendaraan tertentu.
Saya tidak mau menyebutkan merknya :D. Yang jelas ini memang termasuk motor besar. Baru-baru ini saya sampai senyum-senyum sendiri melihat penumpang yang duduk di motor ini. Bukan apa-apa. Sepertinya motor ini memang dirancang untuk benar-benar mendekatkan pengemudi dan penumpangnya. Dari segi posisi duduk tentu saja :D. Nah, tak seperti kebanyakan penumpang motor ini yang duduk berdekatan dengan pengemudi (dan biasanya memeluk erat pengemudi :D), penumpang ini tidak berpegangan. Yang membuat terlihat lucu di mata saya ya karena posisinya yang tinggi banget di atas motor :D. Ada juga satu tipe kendaraan yang cukup mengganggu saya, tapi sepertinya tidak perlu saya ceritakan mengapa kendaraan yang satu itu membuat saya terganggu. Yang jelas, memang kalau bertemu dengan kendaraan model seperti itu,  saya memilih untuk segera mendahuluinya :).

Beberapa model pengemudi dan kendaraan yang saya sebutkan di atas bagi sebagian orang mungkin tidak mengganggu. Tetapi lain bagi saya. Ketika bertemu dengan orang atau kendaraan yang telah saya sebutkan di atas, sebisa mungkin akan saya hindari dengan cara mendahuluinya :). Semoga Anda tidak termasuk orang-orang yang saya sebutkan di atas :D.

1 komentar:

  1. ada satu lagi model pengemudi yang ga gw suka selaen model-model di atas, yaitu, pengemudi yang suka nginjek kaki gw kalo lagi macet...

    BalasHapus